BAB V
GAMBARAN
UMUM MALL SKA PEKANBARU
5.1 Sejarah Mall
SKA Pekanbaru
Mall
SKA (Sentral Komersial Arengka) Pekanbaru
adalah pusat perbelanjaan modern yang berada di pusat Kota Pekanbaru. Mall SKA sendiri
merupakan pusat perbelanjaan moderen yang berda di bawah naungan PT Citraciti
Pasific . PT Citraciti Pasific sendiri didirikan pada bulan Desember 1991 di
Pekanbaru, berdasarkan Akta Pendirian Nomor 85 tanggal 24 Desember 1991 oleh
Notaris Syawal Sutan. Perusahaan berkonsentrasi dalam pembangunan property dan real estate dengan sejumlah proyek yang telah dibangun. Pembangunan
pusat perbelanjaan Plaza Citra pada tahun 1993 merupakan langkah awal
perusahaan memasuki bisnis pusat perbelanjaan.
Dengan
latar belakang di atas maka perusahaan juga melakukan pembangunan pusat
perbelanjaan lainya. Maka sejak bulan Februari 2005 berdirilah Mall SKA. Mall
ini sengaja diciptakan untuk mengakomodir arah pembangunan yang telah
ditetapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru. Pembangunan Mall SKA di area seluas
kurang lebih enam hektar ini dimaksutkan untuk menunjang hampir seluruh ragam
pelaku bisnis yaitu mulai dari golongan ekonomi bawah ke menengah dan menengah
ke atas dengan paduan pertokoan berupa 126 unit ruko dari pasar tradisional
yang telah dibangun pada Mei 1996.
Mall
SKA yang akan dibangun dengan konsep modern akan menjadi pelengkap sarana
bisnis di kawasan tersebut, khususnya bisnis retail baik tradisional ataupun
modern. Pada saat sekarang mall SKA menjadi cikal bakal berkembangnya kawasan
ini dan menjadi pendorong dibangunnya Hotel Swiss-Belinn SKA, SKA Convention
Center, dan SKA Water Theme Park yang akan segera dibangun pada satu kawasan
terpadu di Kompleks Sentral Komersial Arengka.
Tanpa
terasa mall SKA telah beroperasi selama delapan tahun sejak grand opening ditahun
2005 dan dalam kurun waktu yang masih muda ini mulai dari tiga tenant saja yang
opening, sekarang telah mencapai 161 tenant yang opening tau hampir 95% dari
total Leaseble area. Kepercayaan dari
tenant ini tentu tidak mudah didapatkan, semuanya berpulang kepada hasil
pengelolaan management mall SKA, baik dari sisi marketing mulai dari
advertising mall SKA, event dan
promosi yang telah dilakukan guna memberikan dampak kepada kunjungan dan
memperkuat loyalitas dari pengunjung dan tentu juga dari team property mulai sejak mempersiapkan suasana mall yang berbeda
sehingga akan memberikan dampak kenyamanan terhadap pengunjung mall, juga
mempersiap kan fasilitas-fasilitas mall berjalan dengan baik.
Untuk lebih jelas tentang fasilitas
di mall SKA dapat dilihat pada Gambar 5.1 berikut.
![]() |
Sumber: Hasil Survei, 2013
Gambar 5.1 Foto
Fasilitas Mall SKA
Mall
yang tujuan pokoknya adalah tempat hanya untuk berbelanja terus mengalami
perubahan yang diakibatkan oleh makin berkembangnya pusat perbelanjaan baru dan
juga berubahnya perilaku pengunjung yang datang ke mall dan ditunjang oleh
situasi dan kondisi kehidupan modern diperkotaan, dan berkenaan dengan
perubahan itu secara perlahan mall SKA memperkuat fungsinya selain sebagai
tempat berbelanja dengan memadukan mix
tenant branded national dan
international serta tenant lokal dan tenant regional menuju kepada
produk-produk yang bermutu dan memberikan serta menciptakan suasana untuk
perubahan gaya hidup dan tidak lupa
bahwa saat ini fungsi mall yang selain tempat untuk berbelanja juga berfungsi
sebagai ruang publik yakni sebagai tempat rekreasi, berkumpul, dan sebagai
tempat masyarakat bersosialisasi, tempat edukasi dan bagian dari hiburan (entertaiment), dan untuk itu dibutuhkan
perpaduan tenant (mix tenant) yang
baik.
Mall
dalam pembangunannya yang selalu menjadi pertimbangan adalah lokasi, tetapi
tidak kalah pentingnya visibility,
pengelompokan tenant, marketing activity,
konsep bangunan, management approach
dan fasilitas yang tersedia yang semuanya dapat membuat pengunjung akan lebih
sering datang dan lebih lama berada di mall, dan untuk mencapai hal tersebut
maka mall SKA akan terus berbenah dari waktu ke waktu, mall SKA di tahun 2013
menampilkan tampilan yang sangat berbeda apalagi didukung oleh kondisi lokasi
dan visibility, dimana lokasi Mall
SKA sangat mudah diakses baik dari pengunjung intercity maupun penduduk lokal Pekanbaru karena lokasi Mall SKA
satu-satunya “Junction Mall” dan
karena terletak dipersimpangan jalan terbesar di Pekanbaru, visibility Mall SKA sangat baik dan
dengan konsep pembangunan modern
mediterenian serta selaras yang lebar dan single coridor sehingga sangatlah luas dan membuat kenyamanan bagi pengunjung
khususnya keluarga mulai dari anak-anak sampai lansia akan sangat menyenanginya
dan didukung dengan fasilitas serta suasana yang diciptakan ke depan akan
sangat mendukung visi dan misi dan janji mall SKA kepada konsumen.
Untuk
menegetahui letak dari akses pintu masuk mall SKA Pekanbaru dapat dilihat pada
Gambar 5.2 berikut.
![]() |
Sumber: Data Sekunder, 2013
Gambar
5.2 Letak Pintu Masuk Mall SKA
Disadari bahwa hal-hal tersebut di
atas akan dicapai tentu tidak lepas dari dukungan dan support sepenuhnya dari
team pengelola yaitu SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang berdedikasi, mempunyai
integritas yang tinggi dan profesional. Menyadari hal tersebut, maka secara
berkala SDM Mall SKA selalu mengikuti pendidikan yang berorientasi dengan
pengelolaan, mengikuti seminar-seminar dan tentu terus menambah wawasan dan pandangan
dengan selalu melakukan perjalanan ke mall-mall di kota-kota besar guna
mengikuti trend baru serta dengan SDM yang profesional dan berwawasan tentu
didukung dengan organisasi yang solid dan jelas hierarki tanggung jawab dan
wewenangnya serta dengan management yang trusted,
terbuka dan profesional maka membuat pihak mall SKA percaya visi, misi, dan
moto SKA akan dapat dicapai tentu yang pasti harus bersama semua stake holder
pencapaian akan lebih baik dan lebih terasa.
Mall
SKA, dengan luas bruto 83.000 meter persegi dengan jumlah lantai sebanyak enam
lantai yang terdiri dari lantai basement, semi basement, dasar, satu, dua, dan
lantai atap yang kesemuanya ditawarkan dalam bentuk sewa seluas 35.000 meter.
Untuk memberikan
gambaran traffic pengunjung di mall
SKA, sesuai data internal pada bulan januari 2012 menunjukan bahwa tingkat
kunjungan pada hari biasa, senin-jumat mencapai 5.000 - 7.000 orang per hari
dan pada weekend sabtu dan minggu mencapai puncaknya sebanyak 10.000 – 15.000
orang per hari. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 5.1 berikut.
Tabel 5.1 Jumlah Pengunjung Mall SKA Per-Minggu
Tahun 2012
no
|
Hari Berkunjung
|
Jumlah pengunjung (orang)
|
1
|
senin – jumat
|
5000-7000
|
2
|
sabtu – minggu
|
10000-15000
|
Sumber ; HRD Mall SKA Pekanbaru, 2013
Pencapaian ini tentunya tidak hanya karena keberadaan
anchor tenant yang cukup terkenal saja yang ikut bergabung dengan mall SKA,
namun karena juga didukung dengan konsep bangunan ditambah dengan fasilitas
penunjang yang cukup penting. Faktor tersebut adalah penyediaan lahan parkir
yang cukup luas, yang mampu menampung jumlah kendaraan sebanyak 850 unit mobil
dalam waktu bersamaan yang terbagi dalam tiga area, yaitu di lantai basement,
semi basement, dan lantai atap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar