Jumat, 03 April 2015

Sambungan BAB VI Ke 2 PERAN MALL SEBAGAI RUANG PUBLIK TERHADAP REMAJA KOTA PEKANBARU STUDI KASUS : MALL SKA PEKANBARU



Tabel 6.4
Dampak Negatif Kehadiran Mall
No
Dampak Kehadiran Shopping Mall      (5=sangat setuju, 4=setuju, 3=netral, 2= tidak setuju, 1=sangat tidak setuju)
Opsi Jawaban
Jumlah 


5
4
3
2
1

1
Mengurangi pendapatan para pedagang kecil
9
35
72
39
0
155


Persentase (%)
4
23
47
26
0
100

2
Mematikan usaha pedagang kecil
8
36
73
38
0
155


Persentase (%)
5
23
47
25
0
100

3
Menimbulkan kemacetan di sekitar kawasan shopping mall
4
46
77
28
0
155


Persentase (%)
3
29
50
18
0
100

4
Menimbulkan gaya hidup bebas di kalangan remaja
0
9
83
60
3
155


Persentase (%)
0
6
54
38
2
100

5
Menimbulkan budaya konsumtif di kalangan remaja
0
75
17
63
0
155


Persentase (%)
0
48
11
41
0
100

Sumber:  Hasil Survei, 2013

6.5    Persepsi Remaja Tentang Mall sebagi Ruang Publik
          Aktifitas yang dilakukan remaja di Pekanbaru yang menggunakan shopping mall sebagai ruang terbuka publik menimbulkan berbagai macam persepsi antara mereka, dikarenakan banyak remaja yang dengan berkunjung ke mall mereka mendapatkan barang-barang yang berkualitas, mendapatkan banyak pilihan produk dan barang, mendapatkan keberadaan tempat yang nyaman, aman, cantik, menarik, dan bersih. Serta dengan adanya mall mereka mendapatkan tempat yang nyaman untuk bersenang-senang, berkumpul bersama teman, keluarga dan juga pasangan.
       Berdasarkan hasil kuisioner, banyak responden memilih opsi setuju terbukti sebanyak 92 responden (59%) remaja memilih setuju bahwa di mall mereka mendapatkan banyak barang-barang pilihan, sebanyak 123 responden (79%) remaja memilih setuju bahwa di mall mereka bisa mendapatkan barang-barang dan produk berkualitas, sebanyak 107 responden (69%) remaja setuju bahwa mall adalah tempat yang memberikan kenyamanan dikarenakan fasilitas-fasilitas yang diberikan kepeda pengunjung, sebanyak 74 responden (48%) remaja memilih setuju mall memberikan tempat yang relatif aman, sebanyak 105 responden (68%) remaja setuju mall adalah tempat yang bersih. Sebanyak 92 responden (59%) remaja setuju mall adalah tempat yang cantik dan menarik, sebanyak 82 responden (54%) remaja menyatakan mall memberikan layanan yang baik, sebanyak 66 responden (42%) remaja setuju mall memiliki tempat parkir kendaraan yang cukup, sebanyak 122 responden (79%) remaja setuju mall dapat sebagai tempat berjumpa dan berkumpul bersama keluarga, teman, dan pasangan. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.5 berikut.







Tabel 6.5  
Persepsi Remaja Tentang Mall sebagai Ruang Publik
No
Perepsi Remaja Tentang Mall           (5=sangat setuju, 4=setuju, 3=netral, 2= tidak setuju, 1=sangat tidak setuju)
Opsi Jawaban
Jumlah 


5
4
3
2
1

1
Mendapat banyak pilihan barang dan produk
12
92
35
16
0
155


Persentase (%)
8
59
22
11
0
100

2
Mendapatkan barang-barang dan produk berkualitas
10
123
15
7
0
155


Persentase (%)
6
79
10
5
0
100

3
Mendapatkan harga barang dan produk yang murah
0
20
77
57
1
155


Persentase (%)
0
13
50
36
1
100

4
Keberadaan tempat yang nyaman             (Comfortable)
32
107
16
0
0
155


Persentase (%)
21
69
10
0
0
100

5
Keberadaan tempat yang relatif aman      (Saffety)
32
74
40
9
0
155


Persentase (%)
20
48
26
6
0
100

6
Keberadaan tempat yang bersih
46
105
3
1
0
155


Persentase (%)
29
68
2
1
0
100

7
Keberadaan tempat yang cantik dan menarik
48
92
12
3
0
155


Persentase (%)
31
59
8
2
0
100

8
Keberadaan tempat yang tidak padat
0
40
83
32
0
155


Persentase (%)
0
26
53
21
0
100

9
Pelayanan tempat yang baik
13
82
57
3
0
155


Persentase (%)
8
54
36
2
0
100

10
Tempat parkir kendaraan yang mencukupi
24
66
33
32
0
155


Persentase (%)
15
42
22
21
0
100

11
Dapat sebagai tempat berjumpa dengan teman-teman dan keluarga
23
122
10
0
0
155


Persentase (%)
14
79
7
0
0
100

12
Tempat berinteraksi bersama teman, keluarga, dan pasangan
27
115
13
0
0
155


Persentase (%)
17
75
8
0
0
100

Sumber : Hasil Survei, 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar