HASIL PENILITIAN DAN PEMBAHASAN
6.1
Karakteristik Responden
Dalam sebuah penelitian pemilihan responden sangat lah
penting untuk menguatkan hasil dari sebuah penelitian terkait masalah tertentu,
dalam penilitian “Peran Mall Sebagai Ruang Publik Terhadap Remaja Kota
Pekanbaru Studi Kasus Mall SKA ” telah ditetapkan responden dari kalangan
remaja karena sebagian besar pengguna mall adalah remaja.
6.1.1
Umur Responden
Berdasarkan
hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 71 responden (46%) adalah pelajar
dengan usia 15-18 tahun. Sedangkan mahasiswa dan pekerja dengan usia 18-25 tahun
sebanyak 84 responden (54%). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.
6.1.2 Jenis Kelamin Responden
Hasil
penelitian didapatkan bahwa sebanyak 70 responden (45%) berjenis kelamin
laki-laki dan perempuan sebanyak 85 responden (55%) dengan jumlah 155 responden yang berstatus
remaja. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.
6.1.3
Agama yang Dianut Responden
Responden dalam penelitian ini dikelompokkan berdasarkan
agama yang dianut. Agama yang dimaksud adalah : Islam, Katolik, Protestan,
Budha, Hindu dan Konghuchu. Responden yang menganut agama islam adalah yang
terbanyak yaitu 150 responden (97%), katolik sebanyak 2 responden (1%),
protestan sebanyak 1 responden (1%), dan budha sebanyak 2 responden (1%). Untuk
lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.
6.1.4
Tingkat Pendidikan Responden
Hasil penelitian menunjukkan yang termasuk dalam katagori
remaja adalah status pelajar dan mahasiswa. Untuk responden berstatus pelajar
memiliki tingkat pendidikan terakhir Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu sebanyak
62 responden (40%) dan yang berstatus sebagai mahasiswa memiliki tingkat
pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) yaitu sebanyak 90 responden (58%) dan pendidikan Akademi/ Diploma 3
responden (2%). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.
6.1.5
Suku Bangsa Responden
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa responden dengan suku bangsa Melayu sebanyak 53 responden (34%), Minang Kabau sebanyak 50
responden (33%), Jawa sebanyak 47 responden (29%) , Batak sebanyak 4 responden
(3%), Sunda 0 responden, dan China sebanyak 1 responden.
Berdasarkan
karakteristik umum responden di atas maka di kelompokkan lah karakteristik
responden tersebut sesuai urutannya. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel
6.1.
Tabel
6.1 Karakteristik Umum Responden
No
|
Karakteristik Responden
|
Jumlah
|
Persentase (%)
|
||
1
|
Umur
|
Pelajar (14-18 thn)
|
71
|
46
|
|
Mahasiswa (18-25 thn)
|
84
|
54
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
2
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
70
|
45
|
|
Perempuan
|
85
|
55
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
3
|
Agama
|
Islam
|
150
|
97
|
|
Katolik
|
2
|
1
|
|||
Protestan
|
1
|
1
|
|||
Hindu
|
0
|
0
|
|||
Budha
|
2
|
1
|
|||
Konghu chu
|
0
|
0
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
4
|
Tingkat Pendidikan
|
Tamat SMP
|
62
|
40
|
|
Tamat SMA/SMK
|
90
|
58
|
|||
Tamat Diploma/Akademi
|
3
|
2
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
5
|
Suku Bangsa
|
Melayu
|
53
|
34
|
|
Minang Kabau
|
50
|
33
|
|||
Jawa
|
47
|
29
|
|||
Batak
|
4
|
3
|
|||
Sunda
|
0
|
0
|
|||
China
|
1
|
1
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
Sumber : Hasil Survei, 2013
6.2 Peran Mall SKA Sebagai Ruang
Publik
Dalam pengelolaan atau pengembangan pusat perbelanjaan moderen atau yang lebih di kenal dengan sebutan mall pihak pengelola tentu memberikan berbagai macam fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjung hingga dapat menarik minat pengunjung untuk datang ke mall, karena saat ini pusat perbelanjaan modern tidak hanya digunakan untuk tempat berbelaanja namun juga sebagai tempat menghabiskan waktu dan berjalan-jalan.
Berikut ini merupakan foto kawasan mall SKA Pekanbaru
melalui foto udara.
Sumber
: Google Map 2013
Gambar 6.1
Foto Kawasan Sentral Komersial Arengka (SKA)
Selain
data sekunder berupa data dari instansi
pemerintah Kota Pekanbaru dan Pengelola Mall SKA, untuk
mengetahui peranan mall
sebagi ruang terbuka publik di Kota Pekanbaru terhadap remaja
juga diidentifikasi berdasarkan data primer yang diperoleh dari hasil
kuesioner.
Pada
hakikatnya pengunjung yang
datang ke mall hanya untuk berbelanja, namun dewasa ini aktifitas yang
dilakukan di dalam mall tidak hanya berbelanja saja tetapi juga ada yang datang
untuk berjalan-jalan, bersenang-senang menikmati hiburan dan mengahabiskan
waktu namun ada juga remaja yang datang ke mall untuk kegiatan lainnya seperti
makan-makan dan minum, menonton film, menikmati fasilitas wifi, serta menikmati
event-event yang biasanya diadakan di mall.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa peran mall
sebagai ruang publik, sebanyak 75 responden (48%) remaja yang memilih mall
sebagai tempat berbelanja dan bersenang-senang menghabiskan waktu bersama
keluarga, teman, serta pasangan. Sebanyak 34 responden (22%) remaja yang
memilih mall sebagai tempat bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama
keluarga, teman, dan pasangan saja. Sebanyak 26 responden (17%) remaja memilih
mall sebagai tempat untuk berbelanja saja. Sebanyak 20 responden (13%) remaja
memilih mall sebagai tempat melihat-lihat dan menggunakan fasilitas wifi untuk
browsing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tempat berbelanja
selain mall, sebanyak 16 responden (10%) adalah pasar tradisional. Sebanyak 37
responden (24%) adalah kedai bisa. Sebanyak 54 responden (35%) adalah supermarket.
Sebanyak 34 responden (22%) adalah plaza. Sebanyak 14 responden (9%) adalah
grosir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan lain remaja
mengunjungi mall adalah : Sebanyak 39 responden (25%) berkunjung ke mall karena
orang lain berkunjung ke sana. Sebanyak 41 responden (27%) berkunjung ke mall
karena ikut keluarga dan teman ke sana. Sebanyak 33 responden (21%) mall
berbeda dari tempat lainnya. Sebanyak 31 responden (20%) mudah terjangkau
datang ke sana. Sebanyak 11 responden (7%) mall dapat merubah gaya hidup.
Hasil penelitian menunjukkan apakah remaja mengunjungi
mall lain di Pekanbaru sebanyak 75 responden (48%) menyatakan ya. Sebanyak 54
responden (35%) menyatakan kadang-kadang. Sebanyak 26 responden (17%)
menyatakan tidak. Sebanyak 39 responden
(25%) datang ke mall pada hari biasa. Sebanyak 79 responden (51%) datang ke
mall pada akhir pekan. Sebanyak 37 responden (24%) mengunjungi mall pada hari
biasa dan akhir pekan.
Lalu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung
untuk datang ke mall adalah lokasi mall SKA sendiri yang berada di pusat kota
pekanbaru jarak yang tidak jauh dari permukiman penduduk membuat para
pengunjung terutama remaja memilih menghabiskan waktu untuk bersantai di mall
yang mudah terjangkau untuk datang ke sana dari pada berkunjung ke
tempat-tempat rekreasi dan wisata di Pekanbaru yang jaraknya dari pusat kota
lumayan jauh. Terbukti dari hasil penelitian sebanyak 57 responden (36%)
memilih menghabiskan waktu di mall selama 2-3 jam. Sebanyak 45 responden (29%)
memilih menghabiskan waktu di mall selama 1-2 jam. Sebanyak 33 responden (22%)
memilih menghabiskan waktu di mall selama 3-4 jam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi lama
kunjungan remaja di mall, sebanyak 72 responden (46%) mengunjungi mall satu
sampai dua kali seminggu. Sebanyak 58 responden (38%) mengunjungi mall lebih
dari tiga kali seminggu. Sebanyak 25 responden (16%) mengunjungi mall dua
sampai tiga kali sebulan.
Pada saat ini
banyak juga remaja yang memanfaatkan mall sebagai tempat berkumpul dengan
teman-teman dan juga pasangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan nongkrong,
tujuan sebenarnya tidak berbelanja namun menghabiskan waktu di mall yang
memberikan banyak kenyamanan bagi mereka, terbukti sebanyak 75 responden (48%)
pergi ke mall bersama keluarga. Sebanyak 72 responden (46%) pergi ke mall
bersama teman serta pasangan. Sebanyak 8 responden (6%) pergi ke mall sendiri.
Sebanyak 60 responden (39%) pergi ke mall menggunakan sepeda motor. Sebanyak 67
responden (43%) pergi ke mall menggunakan mobil pribadi. Sebanyak 25 responden (16%)
pergi ke mall menggunakan bus kota/trans metro.
Sebanyak 59
responden (38%) pergi makan dan minum ke mall. Sebanyak 50 responden (32%)
pergi menonton filem dan pertunjukan. Sebanyak 46 responden (30%) pergi bermain
games dan wahana hiburan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Tabel
6.2 berikut.
Tabel
6.2
Peran
Mall Sebagai Ruang Publik
No
|
Pertanyaan
|
Opsi
|
Jawaban (orang)
|
Persentase (%)
|
|
1
|
Peran Mall Sebagai
Ruang Publik
|
Sebagai tempat berbelanja saja
|
26
|
17
|
|
Sebagai tempat bersenang-senang dan menghabiskan
waktu
|
34
|
22
|
|||
Sebagai tempat berbelanja dan menghabiskan waktu
serta besenang-senang
|
75
|
48
|
|||
Sebagai tempat berjalan-jalan dan browsing
|
20
|
13
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
2
|
Tempat Berbelanja
Selain Ke Shopping Mall
|
Pasar tradisional
|
16
|
10
|
|
Kedai biasa (kedai kelontong)
|
37
|
24
|
|||
Supermarket (mini market)
|
54
|
35
|
|||
Plaza
|
34
|
22
|
|||
Grosir
|
14
|
9
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
3
|
Alasan Lain
Mengunjungi Shopping Mall
|
Mudah terjangkau
|
31
|
20
|
|
Tempat yang berbeda dari tempat lain
|
33
|
21
|
|||
Mall mengubah gaya hidup saya
|
11
|
7
|
|||
Berkunjung ke mall karena orang lain berkunjung ke
sana
|
39
|
25
|
|||
Berkunjung ke mall karena ikut teman-teman atau
keluarga ke sana
|
41
|
27
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
4
|
Apakah Anda
Mengunjungi Mall Lain Di Pekanbaru
|
Ya
|
75
|
48
|
|
Tidak
|
26
|
17
|
|||
Kadang-kadang
|
54
|
35
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
5
|
Kebiasaan
Berkunjung Ke Shopping Mall
|
Hari biasa (Senin-Jum'at)
|
39
|
25
|
|
Akhir pekan (Sabtu-Minggu)
|
79
|
51
|
|||
Hari biasa dan Akhir pekan
|
37
|
24
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
6
|
Lama Waktu
Berkunjung Ke Shopping Mall
|
< 1 Jam
|
11
|
7
|
|
1-2 Jam
|
45
|
29
|
|||
2-3 Jam
|
57
|
36
|
|||
3-4 Jam
|
33
|
22
|
|||
> 4 Jam
|
9
|
6
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
7
|
Frekuensi Kunjungan
Ke Shopping Mall
|
> 3 Kali seminggu
|
58
|
38
|
|
1-2 Kali seminggu
|
72
|
46
|
|||
2-3 Kali sebulan
|
25
|
16
|
|||
1 Kali saja dalam sebulan
|
0
|
0
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
8
|
Pergi Ke Shopping
Mall Bersama
|
Sendirian
|
8
|
6
|
|
Bersama teman atau pasangan
|
72
|
46
|
|||
Bersama keluarga
|
75
|
48
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
9
|
Kendaraan Yang
Digunakan Ke Shopping Mall
|
Sepeda motor
|
60
|
39
|
|
Mobil pribadi
|
67
|
43
|
|||
Bus kota / Trans metro
|
25
|
16
|
|||
Taksi
|
3
|
2
|
|||
Berjalan kaki
|
0
|
0
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
10
|
Mall Merubah Gaya
Hidup
|
Ya
|
47
|
30
|
|
Tidak
|
43
|
28
|
|||
Tidak tahu
|
65
|
42
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
|||
11
|
Tujuan Ke Mall Yang
Paling Sering Selain Berbelanja
|
Makan-makan dan minum
|
59
|
38
|
|
Menonton filem dan pertunjukan
|
50
|
32
|
|||
Bermain games / wahana hiburan yang di sediakan mall
|
46
|
30
|
|||
Total Keseluruhan
|
155
|
100
|
Sumber : Hasil Survei, 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar