Jumat, 03 April 2015

BAB VI PERAN MALL SEBAGAI RUANG PUBLIK TERHADAP REMAJA KOTA PEKANBARU STUDI KASUS : MALL SKA PEKANBARU



BAB VI
HASIL PENILITIAN DAN PEMBAHASAN

6.1 Karakteristik Responden
          Dalam sebuah penelitian pemilihan responden sangat lah penting untuk menguatkan hasil dari sebuah penelitian terkait masalah tertentu, dalam penilitian “Peran Mall Sebagai Ruang Publik Terhadap Remaja Kota Pekanbaru Studi Kasus Mall SKA ” telah ditetapkan responden dari kalangan remaja karena sebagian besar pengguna mall adalah remaja.

6.1.1 Umur Responden       
          Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 71 responden (46%) adalah pelajar dengan usia 15-18 tahun. Sedangkan  mahasiswa dan pekerja dengan usia 18-25 tahun sebanyak 84 responden (54%). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.

6.1.2  Jenis Kelamin Responden
          Hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 70 responden (45%) berjenis kelamin laki-laki dan perempuan sebanyak 85 responden (55%)  dengan jumlah 155 responden yang berstatus remaja. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.


6.1.3 Agama yang Dianut Responden
          Responden dalam penelitian ini dikelompokkan berdasarkan agama yang dianut. Agama yang dimaksud adalah : Islam, Katolik, Protestan, Budha, Hindu dan Konghuchu. Responden yang menganut agama islam adalah yang terbanyak yaitu 150 responden (97%), katolik sebanyak 2 responden (1%), protestan sebanyak 1 responden (1%), dan budha sebanyak 2 responden (1%). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.

6.1.4 Tingkat Pendidikan Responden
          Hasil penelitian menunjukkan yang termasuk dalam katagori remaja adalah status pelajar dan mahasiswa. Untuk responden berstatus pelajar memiliki tingkat pendidikan terakhir Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu sebanyak 62 responden (40%) dan yang berstatus sebagai mahasiswa memiliki tingkat pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu sebanyak 90 responden (58%) dan pendidikan Akademi/ Diploma 3 responden (2%). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.

6.1.5 Suku Bangsa Responden
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan suku bangsa Melayu sebanyak 53 responden (34%), Minang Kabau sebanyak 50 responden (33%), Jawa sebanyak 47 responden (29%) , Batak sebanyak 4 responden (3%), Sunda 0 responden, dan China sebanyak 1 responden.
          Berdasarkan karakteristik umum responden di atas maka di kelompokkan lah karakteristik responden tersebut sesuai urutannya. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 6.1.


Tabel 6.1 Karakteristik Umum Responden
No
Karakteristik Responden
Jumlah
Persentase (%)


1
Umur
Pelajar (14-18 thn)
71
46

Mahasiswa (18-25 thn)
84
54

Total Keseluruhan
155
100

2
Jenis Kelamin
Laki-laki
70
45

Perempuan
85
55

Total Keseluruhan
155
100

3
Agama
Islam
150
97

Katolik
2
1

Protestan
1
1

Hindu
0
0

Budha
2
1

Konghu chu
0
0

Total Keseluruhan
155
100

4
Tingkat Pendidikan
Tamat SMP
62
40

Tamat SMA/SMK
90
58

Tamat Diploma/Akademi
3
2

Total Keseluruhan
155
100

5
Suku Bangsa
Melayu
53
34

Minang Kabau
50
33

Jawa
47
29

Batak
4
3

Sunda
0
0

China
1
1

Total Keseluruhan
155
100

Sumber : Hasil Survei, 2013

6.2 Peran Mall SKA Sebagai Ruang Publik

Dalam pengelolaan atau pengembangan pusat perbelanjaan moderen atau yang lebih di kenal dengan sebutan mall pihak pengelola tentu memberikan berbagai macam fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjung hingga dapat menarik minat pengunjung untuk datang ke mall, karena saat ini pusat perbelanjaan modern tidak hanya digunakan untuk tempat berbelaanja namun juga sebagai tempat menghabiskan waktu dan berjalan-jalan.
Berikut ini merupakan foto kawasan mall SKA Pekanbaru melalui foto udara.
Sumber : Google Map 2013
Gambar 6.1
Foto Kawasan Sentral Komersial Arengka (SKA)

Selain data sekunder berupa data dari instansi pemerintah Kota Pekanbaru dan Pengelola Mall SKA, untuk mengetahui peranan mall sebagi ruang terbuka publik di Kota Pekanbaru terhadap remaja juga diidentifikasi berdasarkan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner.
Pada hakikatnya pengunjung yang datang ke mall hanya untuk berbelanja, namun dewasa ini aktifitas yang dilakukan di dalam mall tidak hanya berbelanja saja tetapi juga ada yang datang untuk berjalan-jalan, bersenang-senang menikmati hiburan dan mengahabiskan waktu namun ada juga remaja yang datang ke mall untuk kegiatan lainnya seperti makan-makan dan minum, menonton film, menikmati fasilitas wifi, serta menikmati event-event yang biasanya diadakan di mall.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa peran mall sebagai ruang publik, sebanyak 75 responden (48%) remaja yang memilih mall sebagai tempat berbelanja dan bersenang-senang menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, serta pasangan. Sebanyak 34 responden (22%) remaja yang memilih mall sebagai tempat bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan pasangan saja. Sebanyak 26 responden (17%) remaja memilih mall sebagai tempat untuk berbelanja saja. Sebanyak 20 responden (13%) remaja memilih mall sebagai tempat melihat-lihat dan menggunakan fasilitas wifi untuk browsing. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tempat berbelanja selain mall, sebanyak 16 responden (10%) adalah pasar tradisional. Sebanyak 37 responden (24%) adalah kedai bisa. Sebanyak 54 responden (35%) adalah supermarket. Sebanyak 34 responden (22%) adalah plaza. Sebanyak 14 responden (9%) adalah grosir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan lain remaja mengunjungi mall adalah : Sebanyak 39 responden (25%) berkunjung ke mall karena orang lain berkunjung ke sana. Sebanyak 41 responden (27%) berkunjung ke mall karena ikut keluarga dan teman ke sana. Sebanyak 33 responden (21%) mall berbeda dari tempat lainnya. Sebanyak 31 responden (20%) mudah terjangkau datang ke sana. Sebanyak 11 responden (7%) mall dapat merubah gaya hidup.
Hasil penelitian menunjukkan apakah remaja mengunjungi mall lain di Pekanbaru sebanyak 75 responden (48%) menyatakan ya. Sebanyak 54 responden (35%) menyatakan kadang-kadang. Sebanyak 26 responden (17%) menyatakan tidak.  Sebanyak 39 responden (25%) datang ke mall pada hari biasa. Sebanyak 79 responden (51%) datang ke mall pada akhir pekan. Sebanyak 37 responden (24%) mengunjungi mall pada hari biasa dan akhir pekan.
Lalu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke mall adalah lokasi mall SKA sendiri yang berada di pusat kota pekanbaru jarak yang tidak jauh dari permukiman penduduk membuat para pengunjung terutama remaja memilih menghabiskan waktu untuk bersantai di mall yang mudah terjangkau untuk datang ke sana dari pada berkunjung ke tempat-tempat rekreasi dan wisata di Pekanbaru yang jaraknya dari pusat kota lumayan jauh. Terbukti dari hasil penelitian sebanyak 57 responden (36%) memilih menghabiskan waktu di mall selama 2-3 jam. Sebanyak 45 responden (29%) memilih menghabiskan waktu di mall selama 1-2 jam. Sebanyak 33 responden (22%) memilih menghabiskan waktu di mall selama 3-4 jam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi lama kunjungan remaja di mall, sebanyak 72 responden (46%) mengunjungi mall satu sampai dua kali seminggu. Sebanyak 58 responden (38%) mengunjungi mall lebih dari tiga kali seminggu. Sebanyak 25 responden (16%) mengunjungi mall dua sampai tiga kali sebulan.
 Pada saat ini banyak juga remaja yang memanfaatkan mall sebagai tempat berkumpul dengan teman-teman dan juga pasangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan nongkrong, tujuan sebenarnya tidak berbelanja namun menghabiskan waktu di mall yang memberikan banyak kenyamanan bagi mereka, terbukti sebanyak 75 responden (48%) pergi ke mall bersama keluarga. Sebanyak 72 responden (46%) pergi ke mall bersama teman serta pasangan. Sebanyak 8 responden (6%) pergi ke mall sendiri. Sebanyak 60 responden (39%) pergi ke mall menggunakan sepeda motor. Sebanyak 67 responden (43%) pergi ke mall menggunakan mobil pribadi. Sebanyak 25 responden (16%) pergi ke mall menggunakan bus kota/trans metro.
 Sebanyak 59 responden (38%) pergi makan dan minum ke mall. Sebanyak 50 responden (32%) pergi menonton filem dan pertunjukan. Sebanyak 46 responden (30%) pergi bermain games dan wahana hiburan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Tabel 6.2 berikut.


Tabel 6.2
Peran Mall Sebagai Ruang Publik

No
Pertanyaan
Opsi
Jawaban (orang)
Persentase (%)


1
Peran Mall Sebagai Ruang  Publik
Sebagai tempat berbelanja saja
26
17


Sebagai tempat bersenang-senang dan menghabiskan waktu
34
22


Sebagai tempat berbelanja dan menghabiskan waktu serta besenang-senang
75
48


Sebagai tempat berjalan-jalan dan browsing
20
13


Total Keseluruhan
155
100

2
Tempat Berbelanja Selain Ke Shopping Mall
Pasar tradisional
16
10

Kedai biasa (kedai kelontong)
37
24

Supermarket (mini market)
54
35

Plaza
34
22

Grosir
14
9

Total Keseluruhan
155
100

3
Alasan Lain Mengunjungi Shopping Mall
Mudah terjangkau
31
20

Tempat yang berbeda dari tempat lain
33
21


Mall mengubah gaya hidup saya
11
7

Berkunjung ke mall karena orang lain berkunjung ke sana
39
25


Berkunjung ke mall karena ikut teman-teman atau keluarga ke sana
41
27


Total Keseluruhan
155
100

4
Apakah Anda Mengunjungi Mall Lain Di Pekanbaru
Ya
75
48

Tidak
26
17

Kadang-kadang
54
35

Total Keseluruhan
155
100

5
Kebiasaan Berkunjung Ke Shopping Mall
Hari biasa (Senin-Jum'at)
39
25

Akhir pekan (Sabtu-Minggu)
79
51

Hari biasa dan Akhir pekan
37
24

Total Keseluruhan
155
100

6
Lama Waktu Berkunjung Ke Shopping Mall
< 1 Jam
11
7

1-2 Jam
45
29

2-3 Jam
57
36

3-4 Jam
33
22

> 4 Jam
9
6

Total Keseluruhan
155
100

7
Frekuensi Kunjungan Ke Shopping Mall
> 3 Kali seminggu
58
38

1-2 Kali seminggu
72
46

2-3 Kali sebulan
25
16

1 Kali saja dalam sebulan
0
0

Total Keseluruhan
155
100

8
Pergi Ke Shopping Mall Bersama
Sendirian
8
6

Bersama teman atau pasangan
72
46

Bersama keluarga
75
48

Total Keseluruhan
155
100

9
Kendaraan Yang Digunakan Ke Shopping Mall
Sepeda motor
60
39

Mobil pribadi
67
43

Bus kota / Trans metro
25
16

Taksi
3
2

Berjalan kaki
0
0

Total Keseluruhan
155
100

10
Mall Merubah Gaya Hidup
Ya
47
30

Tidak
43
28

Tidak tahu
65
42

Total Keseluruhan
155
100

11
Tujuan Ke Mall Yang Paling Sering Selain Berbelanja
Makan-makan dan minum
59
38

Menonton filem dan pertunjukan
50
32

Bermain games / wahana hiburan yang di sediakan mall
46
30


Total Keseluruhan
155
100

Sumber : Hasil Survei, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar