Jumat, 03 April 2015

PERAN MALL SEBAGAI RUANG PUBLIK TERHADAP REMAJA KOTA PEKANBARU STUDI KASUS : MALL SKA PEKANBARU ( ABSTRAK )



PERAN MALL SEBAGAI RUANG PUBLIK
TERHADAP REMAJA KOTA PEKANBARU
STUDI KASUS : MALL SKA PEKANBARU

ABSTRAK
            Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan moderen yang saat ini banyak digemari masyarakat, karena mall yang sebenarnya berfungsi sebagai tempat berbelanja bagi masyarakat sekarang telah beralih fungsi menjadi ruang publik bagi masyarakat remaja pada khususnya. Pada kota-kota besar seperti Pekanbaru memiliki penduduk yang banyak tentunya banyak membutuhkan ruang terbuka publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ruang publik, namun ruang publik yang ada di Pekanbaru tidak mampu menarik minat masyarakat untuk datang kesana, masyarakat lebih senang berkunjung ke mall dan menghabiskan waktu disana. Mall yang sebenarnya adalah tempat berbelanja sekarang sering digunakan sebagai ruang publik.
            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran mall sebagai ruang publik terhadap remaja kota Pekanbaru, mengetahui dampak positif dan negatif mall di Pekanbaru, mengetahui persepsi remaja tentang mall di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode deskriptif kuantitatif. Responden yang di teliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 155 responden yang tergolong remaja usia 15-18 tahun (pelajar) dan 18-25 tahun (mahasiswa). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode survey dengan mengajukan kuisioner kepada responden. Sementara data sekunder diperoleh dari data-data yang telah ada.
            Dari hasil penelitian didapati peran mall sebagai ruang terbuka publik adalah sebagai tempat berbelanja dan menghabiskan waktu serta bersenang-senang terbukti dari hasil kuisioner tertinggi sebanyak 75 responden (48%). Dampak positif keberadaan mall adalah membuat imej kota semakin baik terbukti dari hasil kuisioner tertinggi sebanyak 95 responden (61%) dan kota semakin cantik dan menarik sebanyak 81 responden (52%). Dampak negatif keberadaan mall adalah menimbulkan gaya hidup konsumtif di kalangan remaja terbukti hasil kuisioner tertinggi sebanyak 75 responden (48%). Persepsi remaja tentang mall adalah di mall mereka mendapatkan barang-barang dan produk berkualitas terbukti hasil kuisioner tertinggi sebanyak 123 responden (79%) dan  mall dapat sebagai tempat berjumpa dan berkumpul bersama keluarga, teman, dan pasangan sebanyak 122 responden (79%).
            Kata Kunci: mall sebagai ruang publik.   

                                               





MALL ROLE AS PUBLIC SPACE
FOR TEENAGE OF PEKANBARU CITY
CASE STUDY: MALL SKA PEKANBARU

ABSTRACT

Mall is a modern shopping center that is currently widely popular with the public, because the actual mall serves as a place for people to shop now been converted into a public space for people teenagers in particular. In large cities such as Pekanbaru has of course a lot of people need a lot of public open space to meet community needs for public space, but the public spaces that exist in Pekanbaru not be able to attract people to come there, people prefer to visit the mall and spend time there. Actual mall is the place to shop is now often used as a public space.
The purpose of this study was to determine the role of public space to the mall as a teenager Pekanbaru city, knowing the positive and negative impacts mall in Pekanbaru, adolescent perceptions of the mall in Pekanbaru. This research is descriptive quantitative descriptive method. Respondents in this study is meticulous in as many as 155 respondents were classified as adolescents aged 15-18 years (students) and 18-25 years (student). The data collected in this study is primary data and secondary data. Primary data were collected by survey method with a questionnaire asking respondents. While the secondary data obtained from the data that already exist.
From the results of the research found role as a public open space mall is for shopping and spending time and having fun is evident from the results of the questionnaire highest in 75 respondents (48%). The positive impact of the presence of the mall is to make the city better image of the results of the questionnaire proved to be the highest by 95 respondents (61%) and the city more beautiful and attractive as much as 81 respondents (52%). The negative impact of the presence of the mall is the cause consumptive lifestyles among adolescents proven top 75 results of the questionnaire respondents (48%). Adolescent perceptions about the mall is the mall they get items and products proven results of questionnaires highest quality as much as 123 respondents (79%) and the mall as a place to meet and gather with family, friends, and family as much as 122 respondents (79%).
Keywords: mall as public space.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar