PERAN MALL
SEBAGAI RUANG PUBLIK
TERHADAP REMAJA
KOTA PEKANBARU
STUDI KASUS :
MALL SKA PEKANBARU
ABSTRAK
Mall adalah sebuah pusat
perbelanjaan moderen yang saat ini banyak digemari masyarakat, karena mall yang
sebenarnya berfungsi sebagai tempat berbelanja bagi masyarakat sekarang telah
beralih fungsi menjadi ruang publik bagi masyarakat remaja pada khususnya. Pada
kota-kota besar seperti Pekanbaru memiliki penduduk yang banyak tentunya banyak
membutuhkan ruang terbuka publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ruang
publik, namun ruang publik yang ada di Pekanbaru tidak mampu menarik minat
masyarakat untuk datang kesana, masyarakat lebih senang berkunjung ke mall dan
menghabiskan waktu disana. Mall yang sebenarnya adalah tempat berbelanja
sekarang sering digunakan sebagai ruang publik.
Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui peran mall sebagai ruang publik terhadap remaja
kota Pekanbaru, mengetahui dampak positif dan negatif mall di Pekanbaru,
mengetahui persepsi remaja tentang mall di Pekanbaru. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif dengan metode deskriptif kuantitatif. Responden yang di
teliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 155 responden yang tergolong remaja
usia 15-18 tahun (pelajar) dan 18-25 tahun (mahasiswa). Data yang dikumpulkan
dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data
primer dilakukan dengan metode survey dengan mengajukan kuisioner kepada
responden. Sementara data sekunder diperoleh dari data-data yang telah ada.
Dari hasil penelitian didapati peran
mall sebagai ruang terbuka publik adalah sebagai tempat berbelanja dan
menghabiskan waktu serta bersenang-senang terbukti dari hasil kuisioner
tertinggi sebanyak 75 responden (48%). Dampak positif keberadaan mall adalah
membuat imej kota semakin baik terbukti dari hasil kuisioner tertinggi sebanyak
95 responden (61%) dan kota semakin cantik dan menarik sebanyak 81 responden (52%).
Dampak negatif keberadaan mall adalah menimbulkan gaya hidup konsumtif di
kalangan remaja terbukti hasil kuisioner tertinggi sebanyak 75 responden (48%).
Persepsi remaja tentang mall adalah di mall mereka mendapatkan barang-barang
dan produk berkualitas terbukti hasil kuisioner tertinggi sebanyak 123
responden (79%) dan mall
dapat sebagai tempat berjumpa dan berkumpul bersama keluarga, teman, dan
pasangan sebanyak 122 responden (79%).
Kata
Kunci: mall sebagai ruang publik.
MALL ROLE AS PUBLIC SPACE
FOR TEENAGE OF PEKANBARU CITY
CASE STUDY: MALL SKA PEKANBARU
ABSTRACT
Mall
is a modern shopping center that is currently widely popular with the public,
because the actual mall serves as a place for people to shop now been converted
into a public space for people teenagers in particular. In large cities such as
Pekanbaru has of course a lot of people need a lot of public open space to meet
community needs for public space, but the public spaces that exist in Pekanbaru
not be able to attract people to come there, people prefer to visit the mall
and spend time there. Actual mall is the place to shop is now often used as a
public space.
The
purpose of this study was to determine the role of public space to the mall as
a teenager Pekanbaru city, knowing the positive and negative impacts mall in
Pekanbaru, adolescent perceptions of the mall in Pekanbaru. This research is
descriptive quantitative descriptive method. Respondents in this study is
meticulous in as many as 155 respondents were classified as adolescents aged
15-18 years (students) and 18-25 years (student). The data collected in this
study is primary data and secondary data. Primary data were collected by survey
method with a questionnaire asking respondents. While the secondary data
obtained from the data that already exist.
From
the results of the research found role as a public open space mall is for
shopping and spending time and having fun is evident from the results of the
questionnaire highest in 75 respondents (48%). The positive impact of the
presence of the mall is to make the city better image of the results of the
questionnaire proved to be the highest by 95 respondents (61%) and the city
more beautiful and attractive as much as 81 respondents (52%). The negative
impact of the presence of the mall is the cause consumptive lifestyles among
adolescents proven top 75 results of the questionnaire respondents (48%).
Adolescent perceptions about the mall is the mall they get items and products
proven results of questionnaires highest quality as much as 123 respondents
(79%) and the mall as a place to meet and gather with family, friends, and
family as much as 122 respondents (79%).
Keywords:
mall as public space.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar